Tips menulis puisi

Tips menulis puisi – Puisi adalah salah satu bentuk karya sastra yang populer di masyarakat. Karya sastra ini sudah ada sejak lama dan bisa dinikmati siapa saja mulai dari anak muda hingga orang tua. Puisi bisa menjadi sarana untuk menyampai sebuah pesan, gagasan,  opini, atau juga perasaan. Menulis puisi juga merupakan salah satu bentuk ekspresi yang diungkapkan oleh penulisnya yang  bersumber dari inspirasi atau gagasan pikiran penulis.

Kata-kata yang digunakan dalam puisi lazimnya adalah kata atau diksi pilihan yang bisa memuat makna atau pesan tertentu. Seringkali kata-kata dalam puisi begitu indah hingga menyentuh hati. Namun, dalam menulis puisi perlu diperhatikan juga unsur strukturalnya seperti rima, jumlah baris, dan gaya bahasa. Ini penting agar puisi yang dibuat sesuai dengan kaidah struktural puisi itu sendiri.

Dalam puisi juga terdapat unsur batin di antaranya ada tema, rasa, nada, dan amanat. Ini akan berpengaruh ke pemilihan diksi dan penyampaian makna, agar puisi yang dibuat dapat dinikmati dan diresapi maknanya oleh pembaca. Nah, berikut ini adalah lima tips menulis puisi versi Tim Nulis Alineaku 😊

 

  1. Temukan Inspirasimu dari hal-hal terdekat disekitarmu

Kamu mungkin bingung ingin memulai darimana natau menulis apa. Kamu merasa sulit menemukan inspirasi untuk puisimu. Nah, Kamu bisa coba untuk mencari inspirasi dari lingkungan disekitarmu, cerita dari temanmu, bisa juga dari pengalaman pribadimu. Atau bisa juga dari perasaanmu saat ini, keluhan-keluhan, atau opini pribadimu. Jadi, kalua observasi sekitarmu juga dirasa sulit, coba cari inspirasi itu dari ha-hal yang datangnya dari dirimu sendiri.

 

  1. Konsisten pada tema puisimu

Ini amatlah penting agar puisimu menjadi ‘nyambung’ dan relevan dengan apa yang menjadi tema keseluruhan puisimu itu. Kamu boleh saja mengeksplorasi diksi-diksi ‘diluar tema’ namun pastikan itu tetap relevan dan berkaitan dengan tema awal puisimu. Dengan begitu, pembaca atau penikmat puisimu akan lebih mudah memahami ‘inti pembicaraan’ dari puisimu itu.

 

  1. Perhatikan kaidah struktur

Setiap karya sastra memiliki disiplin ilmu atau kaidahny masing-masing, tak terkecuali puisi. Nah, ini juga merupakan hal yang harus kamu perhatikan saat menulis puisi. Salah satu kaidah struktur yang penting dalam puisi adalah rima. Rima ini akan membuat pembacaan puisi menjadi lebih tertata. Rima yang popular biasanya adalah a-b-a-b.

 

  1. Pilih Diksi dengan cermat

Diksi atau pemilihan kata adalah kunci dalam membuat puisi yang bagus dan dinikmati orang banyak. Puisi yang bagus tentunya terdiri dari pemilihan kata-katanya yang sederhana namun amat bermakna. Kamu bisa menggunakan diksi dengan kata yang jarang di dengar dalam pergaulan  sehari-hari, untuk menunjukkan sisi artistic puisimu. Tetapi juga tidak menutup kemungkinan, kamu juga bisa menggunakan diksi kata-kata yang sering digunakan dalam pergaulan atau kehidupan sehari-hari. Pastikan kamu memilih kata yang tepat untuk mewakili pesan yang ingin kamu sampaikan agar pembaca atau penikmat puisimu dapat lebih mudah menangkap pesan itu.

 

  1. Gunakan Gaya Bahasa

Gaya Bahasa atau biasa dikenal sebagai majas sudah sangat familiar digunakan dalam pembuatan sebuah puisi. Majas ini dapat menghasilkan efek-efek tertentu yang dapat membuat sebuah karya sastra menjadi lebih hidup. Ada banyak majas yang bisa kamu pakai untuk mewakili makna-makna tertentu. Contohnya majas personifikasi yang membuat benda mati seolah-olah hidup, seperti : “rumput di di sore itu menari-nari bersama angina lereng yang berhembus”.  Kamu bisa gunakan majas lainnya untuk menyampaikan pesan yang kamu maksud.

Nah, itu tadi adalah Lima Tips Menulis Puisi yang kamu harus tahu. Semoga bisa menambah pengetahuanmu dan bermanfaat dalam pembuatan puisimu ya 😊

Ingin belajar menulis tapi bingung mulai dari mana?

Gabung aja ke Kelas Writer Alineaku.

BAYARNYA SEMAU MU lho!

Kapan lagi bisa ikut kelas menulis yang murah tapi dapet fasilitas yang banyak dan bahkan dibimbing hingga menghasilkan tulisan yang siap terbit.

Mau Gabung? Klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *