Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas

Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas – Penelitian Tindakan Kelas memiliki karakteristik tersendiri sebagai pembeda dengan penelitian-penelitian lainnya. Adapun beberapa karakter tersebut adalah :

  1. PTK hanya dilakukan oleh guru yang memahami baha proses pembelajaran perlu diperbaiki dan ia terpanggil jiwanya untuk memberikan tindakan – tindakan tertentu untuk membenahi masalah dalam proses pembelajaran dengan cara melakukan kolaborasi.
  2. Refleksi diri, refleksi merupakan salah satu cirri khas PTK yang paling esensial.

Dan ini sekaligus sebagai pembeda PTK dengan penelitian lainnya yang menggunakan responden dalam menggunakan responden dalam mengumpulkan data, sementara dalam PTK pengumpulan data dilakukan dengan refleksi diri.

  1. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di dalam “kelas” sehingga interaksi antara siswa dengan guru dapat terfokuskan secara maksimal.
  2. PTK bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran secara terus menerus. PTK dilaksanakan secara berkesinambungan di mana setiap siklus mencerminkan peningkatan atau perbaikan.
  3. PTK merupakan salah satu indikator dalam peningkatan profesionalisme guru, karena PTK memberi motivasi kepada guru untuk berpikir kritis dan sistematis, membiasakan guru untuk menulis, dan membuat catatan yang dapat.
  4. PTK bersifat fleksibel sehingga mudah diadaptasikan dengan keadaan kelas. Dengan demikian proses pembelajaran tidak monoton oleh satu model saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *