Tips menulis cerpen

Tips Menulis Cerpen untuk Pemula – Bagi beberapa orang, menulis cerpen adalah aktifitas yang menyenangkan, terlebih buat kamu yang ingin menjadi penulis, khususnya cerpenis. Apalagi jika kamu mempunyai banyak waktu uang dan banyak ide-ide yang bertebaran di imaginasimu. Rasanya menulis berjam-jam sekalipun tidak akan menjadi aktifitas yang melelahkan.. tapi justru menyenangkan.

Menulis cerpen ini banyak lho manfaatnya! Kamu akan dilatih berfikir secara observatif : melihat juga mengamati lingkungan/keadaan sekitar, mengenalinya, dan membuat interpretasimu sendiri. Kamu juga akan dilatih untuk membuat refleksi dari berbagai peristiwsa dalam kehidupan. Pokoknya banyak deh manfaat pengembangan diri lainnya.

Nah, selain manfaat pengembangan diri, menulis cerpen ini juga bisa menjadi aktifitas produktif yang menghasilkan uang. Jika tulisanmu bagus dan dimuat oleh media.. kamu akan mendapatkan bayaran hingga jutaan rupiah  lho! Nanti kalua kemampuan menulis cerpenmu sudah hebat, kamu bisa lanjut jadi penulis novel atau scenario dan mengembangkan karir menulismu.

Tapi buat kamu-kamu yang mungkin baru memulai menulis cerpen, kadang pernah dong merasa bingung mulai darimana atau ingin tahu kira-kira tips apa aja sih biar skill menulis cerpenmu bisa semakin tajam? Nah, jangan khawatir, Tim Nulis Alineaku akan memaparkan beberapa tips menulis cerpen buat kamu, simak yaaa 😊

 

  1. Pahami kaidah-kaidahnya

Sebelum mulai menulis, alangkah baiknya kamu cari tahu dan pahami dahulu kaidah menulis cerpen itu. Tidak perlu sampai hal-hal mendetail, cukup yang umum saja. Jadi, kamu sudah ada bayangan kira-kira cerpen itu bentuknya seperti apa dan bagaimana cara penulisannya. Pelajari juga beberapa unsurnya seperti tema, alur, penokohan, latar, dan sudut pandang tokoh.

  1. Mainkan imajinasimu

Kamu harus mengeluarkan semua potensi imajinasimu saat menulis cerpen. Dengan begitu, kamu akan bisa membayangkan kira-kira bagaimana jalan cerita atau mungkin suasana dari cerita yang akan kamu buat. Bayangkan kamu seolah-olah menjadi tokoh utama atau bisa juga sebagai pengamat dalam suatu latar suasana. Setelah berimajinasi, jagan lupa tuangkan semua itu kedalam bentuk tulisan lalu kembangkan.

  1. Observasi sekitarmu

Terkadang, hal-hal terdekat disekitarmu bisa menjadi bahan referensi ide yang bisa kamu kembangkan menjadi sebuah cerita yang menarik. Kamu juga akan lebih mudah menginterpretasikannya karena kamu sudah paham dan akrab dengan lingkunganmu. Jadi, mulailah keluar dan amati sekitarmu kalau bisa hingga hal-hal yang mendetail. Lalu, buat pandanganmu sendiri dan refleksikan itu. Dengan begini, selain bisa dijadikan cara mencari ide juga akan melatih pemikiran observatifmu.

  1. Perbanyak referensi

Mulailah banyak membaca karya cerpen yang terkenal, sehingga kamu lebih memiliki bayangan nyata bagaimana cerpen yang bagus itu. Jangan lupa untuk mencermati dan menganalisis karya cerpen tersebut sehingga kamu dapat mengidentifikasi mulai dari gaya penulisan hingga struktur dari cerpen tersebut. Jika referensimu sudah banyak, saat kamu menulis cerpen tentu akan lebih mudah karena sudah ada bayangannya.

  1. Tulis apa yang kamu suka

Coba ungkapkan hal-hal yang kamu suka dan kuasai. Mendaki gunung misalnya? Atau kisah cinta saat masa sekolah? Nah, itu bisa menjadi salah satu sumber ide dalam menulis cerpenmu. Penulis terkenal, Anton Kurnia juga berkata, “Untuk penulis pemula, tulislah apa yang dekat dengan kita. Saya pun banyak menulis cerpen dari hasil pengalaman sendiri. Bahkan, sampai nama tokoh yang kemudian sedikit diubah”. Jadi, coba mulai cari deh tuh hal-hal apa yang kamu suka atau kuasai yang bisa dijadikan bahan cerpen yang menarik.

 

Nah, itu tadi adalah beberapa tips menulis cerpen untuk pemula versi Tim Nulis Alineaku. Semoga bermanfaat yaa, apalagi buat kamu yang suka akan kegiatan menulis.

Ingin belajar menulis tapi bingung mulai dari mana?

Gabung aja ke Kelas Writer Alineaku.

BAYARNYA SEMAU MU lho!

Kapan lagi bisa ikut kelas menulis yang murah tapi dapet fasilitas yang banyak dan bahkan dibimbing hingga menghasilkan tulisan yang siap terbit.

Mau gabung? Klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *