TUJUAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Menurut Para Ahli :

  1. Kunandar (2008), dalam bukunya disebutkan bahwa tujuan menulis PTK adalah,
  2. Untuk memecahkan permasalahan nyata yang terjadi di dalam kelas yang dialami langsung dalam interaksi antara guru dan siswa yang sedang belajar.
  3. Peningkatan kualitas praktik pembelajaran di kelas secra terus menerus mengingat masyarakat berkembang secara cepat.
  4. Peningkatan hasil mutu pendidikan melalui perbaikan praktik pembelajaran di kelas dengan mengembangkan berbagai jenis ketrampilan belajar siswa.
  5. Muslich (2000), Tujuannya adalah memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran serta membantu memberdayakan guru dalam memecahkan masalah pembelajaran di sekolah.
  6. Sanjaya (2010 : 33), Tujuan utamanya adalah peningkatan kualitas proses belajar dan kualitas hasil belajar.
  7. Tahir (2011 : 85), Tujuan PTK adalah perbaikan dan peningkatan keprofesionalan guru dalam PBM
  8. Borg (1996), Tujuan utama Penelitian tindakan adalah untuk pengembangan keterampilan guru berdasarkan pada persoalan pembelajaran yang dihadapi guru di kelasnya sendiri, dan bukannya bertujuan pencapaian pengetahuan umum dalam bidang pendidikan.
  9. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas dapat dirumuskan sebagai berikut :

  1. Memperbaiki dan meningkatkan mutu praktik pembelajaran yang dilakasanakan guru demi tercapainya tujuan pembelajaran.
  2. Memperbaiki dan meningkatkan kinerja-kinerja pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru.
  3. Mengidentifikasi, menemukan solusi, dan mengatasi masalah pembelajaran di kelas agar pembelajaran bermutu.
  4. Meningkatkan dan memperkuat kemampuan guru dalam memecahkan masalah-masalah pembelajaran dan membuat keputusan yang tepat bagi siswa dan kelas yang diajarnya.
  5. Mengeksplorasi dan membuahkan kreasi-kreasi dan inovasi-
  6. pembelajaran (misalnya: pendekatan, metode, strategi dan media) yang dapat dilakukan oleh guru demi peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran.
  7. Mengeksplorasi pembelajaran yang selalu berwawasan atau berbasis penelitian agar pembelajaran dapat bertumpu pada realitas empiris kelas, bukan semata-mata bertumpu pada kesan umum atau asumsi.

Dengan terlaksananya tujuan Penelitian Tindakan Kelas tersebut, maka dapat diharapkan dapat menghasilkan perbaikan dan peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran, sebagai berikut:

  1. Perbaikan dan peningkatan mutu isi, proses, hasil pembelajaran.
  2. Perbaikan dan peningkatan terhadap prestasi belajar pesrta didik di kelas atau ruang kuliah.
  3. Perbaikan dan peningkatan terhadap materi, metode, dan penggunaan media pembelajaran di kelas.

Mengacu pada tujuan Penelitian Tindakan Kelas diatas maka Output atau hasil yang diharapkan melalui PTK adalah peningkatan atau perbaikan kualitas proses dan hasil pembelajaran yang meliputi hal-hal sebagai berikut :

  1. Peningkatan atau perbaikan kinerja siswa di sekolah.
  2. Peningkatan atau perbaikan mutu proses pembelajaran di kelas.
  3. Peningkatan atau perbaikan kualitas penggunaan media, alat bantu belajar, dan sumber belajar lainya.
  4. Peningkatan atau perbaikan kualitas prosedur dan alat evaluasi yang digunakan untuk mengukur proses dan hasil belajar siswa.
  5. Peningkatan atau perbaikan masalah-masalah pendidikan anak di sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *